Samjonews.;; senin: 29-10-2018.
Di ketahui Sejak ada  nya pelabuhan-pelabuhan di BARELANG KOTA BATAM. Sangat di sayang kan  menjadi sarang mafia untuk menyeludup kan berbagai jenis barang-barang yang mau  di kirim melalui  jalur  laut  barelang keluar Batam.


Memang yang Di Mana Lokasi  tsb Aman rentan untuk para penyeludupan Barang-Barang Tanpa pajak Dan Bea Cukai Sesuai Aturan UUD-tentang KEPABEANAN Dan UUD- Pengiriman Barang EXPOR-IMPOR. Yang dapat Merugikan Negara.




Percis nya di lokasi JEMBATAN 6(enam) BARELANG - kota Batam. Terlihat  sangat sepi dan aman untuk operandi penyeludupan. Dan di sana   juga  tidak  terlihat satu pun Aparat  yang patroli  Laut  di wilayah tsb.

Ketika awak media Berada di sana. Saat itu sekitar pukul 18.45wib: Sempat  Melihat  Ada 5-(lima) unit  LORI mobil box masuk Melalui pintu Gerbang  tak jauh dari lokasi  pelabuhan tsb..
Ternyata masing- masing Mobil tsb  Berisi barang-barang  yang akan di kirim melalui  pelabuhan tsb dan akan   di kirim melalui jalur laut Jembatan 6(enam) Barelang..

Ketika saat  itu juga  setelah Mobil-Mobil  LORI BOX  masuk dari  pintu Gerbang pelabuhan tsb  langsung di Tutup  rapat  dan pakai  gembok kuat. Sehingga satu orang  pun ga bisa lagi  masuk pintu pelabuhan sehingga tidak dapat  di lihat kegiatan di dalam pelabuahan tsb..


Saat itu  AWak media;  sempat  menanyakan salah satu warga nelayan di sana Terlihat sambil sibuk gegas sampan nya.. yang tidak mau si sebut nama nya.;
Itu pelabuhan siapa mas..??
kata nelayan nya menjawab...;;   itu klo ga salah mas dulu pemilik nya si Kuantek klo ga salah mas ea  kata nya..   Tpi klo mobil LORI BOX yang sering masuk  itu  bawa apa aja mas..?? 

Ea  kalau sepengetahuan kita sihh  mass..  mereka  sering bawa barang-barang  juga mas  mau di muat ke kapal SPEAD,..   Tapi nampak nya kayak  jenis rokok  sama minuman lah  mas.ea klo melihat dari  kotak-kotak  nya sihh saya lihat  mas percis sama gitu...;
Jadi  mereka berapa kali seminggu masuk ke pelabuhan itu mas..??   waahhh..   kurang tau  juga mas.  tapi   sering lah.mas...:
 klo pengirim barang nya apa  tau ga  mas siapa orang-orang nya di pelabuhan  tsb.....
waaa..  klo  itu  saya kurang  tau  mass...;; imbuh nya warga nelayan  tsb....!




Ketika itu juga awak media  mempertanya kan salah satu  pihak bc yang bertugas wilayah lain. Berbincang  terkait pelabuhan di sana. jawab nya; klo pelabuhan ilegal  memang tidak  ada pengawasan nya mas.. Mungkin mas  tanya aja  langsung ke Atasan kami klo tidak ke pihak yang Bersangkutan  disana  aja pak kata nya.

Maka dengan  itu  Aparat  penegak  Hukum  juga harus  sigap mengambil tindakan hukum hal kejadian  kegiatan yang  melanggar aturan hukum  di sana. Apa lagi penyeludupan harus tangkap dan di aman kan.
Di mana  juga setiap pelabuhan-pelabuhan tsb  yang ada di  BARELANG   Harus betul-betul di  awasi.  Supaya tidak  marak nya lagi  lokasi-lokasi para penyeludup di  kota Batam ini

Begitu juga pihak  pemerintah kota batam Harus menata ulang Baik-baik  lagi.  Di  mana hak pemilik dan legalitas pelabuhan tsb harus benar-benar penataan nya..
Apa itu resmi apa tidak...dan  apa  layak untuk di pakai  masyaarakat nelayan di sana   apa  tidak..
Setidak nya di awasi dan di  kontrol sedemikian baik mungkin......;#ngl.
 
Top