Tanjungpinang, Kepri, Samjonews.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Kepri mengatakan bahwa pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Ranperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) ini sangat dibutuhkan Provinsi Kepri.

Pasalnya, melalui perda ini nantinya diharapkan mampu menjadi dasar pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau yang ada di Provinsi Kepri.

DPRD Kepri: Perda RZWP3K Penting Bagi Pengelolaan Kepri
Gedung Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kepri, Taba Iskandar di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. "Mengingat pentingnya ranperda ini sehingga pembahasan terkait Ranperda RZWP3K ini di Provinsi Kepri," ujar Taba, Rabu (12/09/18).

Taba melanjutkan, kondisi geografis Kepri yang merupakan wilayah kepulauan dan memiliki banyak pulau-pulau, sehingga dibutuhkan aturan khusus untuk mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada di pulau-pulau kecil tersebut. "Perlu kajian mendalam untuk membahas ranperda ini. Sejak Kepri terbentuk, ranperda ini sudah di gagas, namun baru tahun ini dimasukan dalam Prolegda," tegas Taba.

Sehingga ia mendorong Pemerintah Provinsi Kepri bersama-sama DPRD Kepri komitmen dalam membahas terkait ranperda ini. Sebelumnya, Paripurna DPRD Kepri telah menjadwalkan penyampaian Ranperda RZWP3K ini oleh gubernur pada Senin (10/09/18).

Namun karena Gubernur Kepri masih berada di Jakarta dan Wakil Gubernur Isdianto berada di Kabupaten Karimun, sehingga pembahasan Ranperda RZWP3K ini ditunda Kamis (13/09/18) pagi (Anis).

 
Top