Bintan, Kepri, Samjonews.com Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Bintan. Tidak hanya perekaman e-KTP, ke depan pengambilan dan aktivasi e-KTP bisa dilakukan di kantor kecamatan.

Hal ini diinstruksi Bupati Bintan, Apri Sujadi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, Rabu (05/09/18) sekitar pukul 08.10 WIB.

Bupati Bintan Instruksikan: Terapkan Aktivasi e-KTP di Kantor Kecamatan, Jangan Ada Keluhan Pelayanan
Bupati Bintan Apri Sujadi saat sidak ke kantor Disdukcapil Bintan yang berada di Tanjungpinang, Rabu (5/9/2018). 
Saat sidak, dia menegaskan tidak mau mendengar lagi keluhan pelayanan e-KTP. Terlebih saat ini pengambilan dan aktivasi e-KTP masih dilakukan di Kantor Disdukcapil. Hal ini menjadi kendala bagi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh.

“Dinas sebaiknya membuat inovasi supaya aktivasi e-KTP bisa dilakukan di kantor camat,” katanya.

Dalam kesempatan itu Apri juga memprediksi pengurusan e-KTP akan meningkat secara signifikan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Terlebih e-KTP menjadi syarat mutlak bagi Pemilu 2019.

Oleh karena itu, Apri meminta Disdukcapil berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan terkait masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Selesaikan segera perekaman e-KTP yang belum tuntas,” tegasnya.

Sementara itu Sekretaris Disdukcapil Bintan, Irianto menyampaikan dua hal penting yang disampaikan bupati saat sidak ke Kantor Disdukcapil.

Pertama, Disdukcapil diminta segera merealisasikan pelayanan pengambilan dan aktivasi e-KTP cukup di kantor kecamatan. Kemudian Disdukcapil diminta merealisasikan pelayanan akta kelahiran di kantor kecamatan.

“Dua itu saja yang ditekankan,” ujar Irianto.

Terkait hal ini, Irianto menyatakan sebenarnya pihaknya telah menyiapkan layanan pengambilan dan aktivasi e-KTP dilakukan di
kecamatan.

Kendalanya selama ini jaringan seperti di kecamatan Mantang dan Bintan Pesisir kerap mengalami gangguan.

“Solusinya ke depannya, kalau jaringan mengalami gangguan maka bisa dilakukan di kantor kecamatan terdekat,” jelas Irianto. (Red)
 
Top