Batam, Kepri, Samjonews.com Terkait penghitungan pajak kendaraan bermotor yang dinilai timpang oleh beberapa masyarakat pemilik kendaraan atau mobil usia tua, Anggota Komisi II DPRD Batam, Hendra Asman meminta, Pemprov Kepri bisa menjelaskan secara gamblang ke publik penghitungan pajak kendaraan menggunakan patokan apa.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Hendra Asman mempertanyakan Peraturan Gubernur (Pergub) Kepri tentang Pajak Mobil Tua. Hendra mengaku heran pajak mobil tua bisa lebih tinggi dari mobil baru. Politisi Partai Golkar itu meminta eksekutif memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Komisi II DPRD Batam akan Minta Penjelasan ke DPRD Kepri, Terkait Pajak Mobil Tinggi
Lalulintas kendaraan di Kota Batam.

“Memang betul ini kan ranahnya Pemprov Kepri, dalam hal ini Dispenda Kepri yang dasar penghitungan pajak kendaraan berlandaskan Pergub Nomor 30 Tahun 2017. Tapi kan masyarakat Batam ini juga bertanya ke kami Komisi II, kok mobil tuanya nilai pembayaran pajaknya lebih mahal dibandingkan mobil keluaran baru yang harganya lebih mahal. Ini kan yang berdampak juga ke masyarakat Batam,” ujar Hendra Asman, Kamis (16/08/18).

Dalam waktu dekat, Hendra Asman bersama anggota Komisi II DPRD Batam akan meminta penjelasan ke DPRD Provinsi Kepri untuk mempertanyakan seperti apa aturan penghitungan pajak kendaraan bermotor.

“Ini kan Pergub keluar pastinya dengan persetujuan Komisi II DPRD Kepri. Inilah yang akan kami bahas nantinya. Selain berkoordinasi dengan DPRD Provinsi Kepri, kami juga akan mencoba menanyakan hal itu ke Dispeda Kepri. Sebab menurut kami sendiri, memang ada unsur ketidakadilan dalam penetapan pajak kendaraan, kalau perhitungannya berdasarkan besar kecilnya kapasitas atau daya mesin seperti CC nya,” terang Hendra Asman mengakhiri.

Hendra lanjut mengatakan, mobil tua sendiri memiliki kriteria khusus, makanya perlu Pergub yang mengarah pada kenaikan pajak mobil tua, harus dijabarkan kepada masyarakat secara jelas.

"Kriteria mobil tua sendiri itu kan pasti di atas 5 tahun ke atas. Peraturan tersebut harus di jabarkan secara jelas. Pajak mobil tua itu dinaikkan supaya apa? agar masyarakat mengurangi pemakaian mobil tua di kota Batam atau karena ingin mengurangi pemakaian bahan bakar karena mobil tua cc lebih besar?" ujar Hendra.

"Kalaupun diarahkan untuk meningkatkan PAD perhitungan nilainya harus ada dasarnya," katanya. (Red)
 
Top