Tanjungpinang, Kepri, Samjonews.com Pengesahan Ranperda RDTR ini menjadi Perda RDTR ini ditandatangani oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno dan Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, Jumat (03/08/18).

Dalam sambutannya, Raja Ariza menjelaskan “Bahwa Perda RDTR yang dibuat dalam sebuah aturan, berfungsi sebagai instrument pengendalian mutu dalam pemanfaatan ruang dengan berpedoman pada Rencana Tata Ruang wilayah (RTRW) Tahun 2014-2034.

Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM membacakan Pidato Walikota Tanjungpinang tentang Penetapan Perda Kota Tanjungpinang Tahun 2018, Jumat (03/08/18).

RDTR juga sebagai acuan untuk pengendalian pemanfaatan ruang secara rinci, sebagai pedoman dalam penerbitan izin pemanfaatan ruang, sebagai pedoman dalam rencana tata bangunan dan lingkungan.” Ungkap Pj. Walikota.

Pj. Walikota menambahkan dari fungsi tersebut RDTR memiliki manfaat untuk penentu lokasi berbagai kegiatan yang juga sebagai alat operasional dalam pengendalian dan pengawasan yang akan dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Dengan terbitnya Perda Nomor 10 Tahun 2014 tentang RTRW dapat dilihat lebih detail dalam Perda RDTR tersebut. Manfaat lainnya juga dapat memberikan motivasi, urgensi, efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahaan serta sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses demokrasi yang dimulai dari lapisan bawah,” lanjutnya.

Oleh karena hal tersebut Perda RDTR merupakan salah satu regulasi yang akan menunjang kepastian pembangunan, kemasyarakatan dan iklim investasi prekonomian di Kota Tanjungpinang. (Anis)
 
Top