Bintan, Kepri, Samjonews.com Gubernur Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, mengatakan bahwa pentingnya memiliki sekolah yang berfokus pada peningkatan potensi daerah salah satunya pariwisata di Kepri. Dengan mahirnya anak-anak tempatan, nantinya mereka dapat ikut bersaing dalam dunia kerja saat ini dan di masa depan.

“Terus menghasilkan lulusan yang mampu berkompetensi secara nasional dan global,” ujar Nurdin saat menjadi Irup pada pembukaan masa orientasi kampus Bintan Tourism Institute Tahun Ajaran 2018/2019 di Jl. Raja Ali Haji Km.26, Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (09/07/18).

Gubernur Kepri Irup Pada Pembukaan Ajaran Barudi  Bintan Tourism Institute
Gubernur Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, saat menjadi Irup pada pembukaan masa orientasi kampus Bintan Tourism Institute Tahun Ajaran 2018/2019 di Jl. Raja Ali Haji Km.26, Kijang, Kabupaten Bintan, Senin (09/07/18).

Nurdin berharap dari lulusan-lulusan inilah, anak daerah diharapkan mampu ikut memberikan sumbangsih pembangunan. Terlebih untuk Bintan. Karena, pemerintah saat ini terus menggesa bidang pariwisata Kepri untuk terus maju dan berkembang.

Kepada para mahasiswa yang mengikuti orientasi Gubernur berpesan untuk dapat sungguh-sungguh mengikuti semua angenda sampai tuntas. Karena ini bisa menjadi bekal untuk perkuliahan.

“Ikuti sistem dan pola pendidikan ini dengan disiplin dan penuh tanggungjawab,” pesan Nurdin.

Kepada pengurus yayasan dan para tenaga pendidik Nurdin juga menyampaikan rasa terimakasih atas sumbangsihnya untuk proses belajar mengajar.

“Kita juga akan turut membantu jika ada kekurangan kedepan,” tutup Nurdin.

Dengan tema pengembangan SDM berkualitas di bidang pariwisata, sebanyak 70 orang mahasiswa/i baru mengikuti masa orientasi perkuliahan yang akan digelar selama satu minggu kedepan.

Bintan Tourism Institute sendiri sudah memasuki angkatan ke-6 tahun ini, merupakan bagian dari yayasan Pendidikan Kemajuan Rakyat Bintan yang bergerak dibidang Perhotelan. Institut ini memiliki 3 jurusan perkuliahan setara D1 dengan menggunakan kurikulum setara Asia. Kelulusam akan menghasilkan 4 sertifikasi seperti: Ijazah lokal, BNSP (Badan Nasional Serfitikasi Profesi) dari Jakarta, Sertifikasi Layak Kerja dari Dunia Usaha dan Sertifikasi Food Handling Australia

Adapun 3 jurusan yang ditekuni dalam perkuliahan ini adalah : 1. Rooms (Front Office dan House Skeeping), 2. Food and Baverage Service dan 3. Food and Baverage Product.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan M Dali, Kepala Biro Humprohub Nilwan, Ketua Harian Yayasan Makhfur, Mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad, beserta tamu undangan lainnya.

SMKN 5 Tanjungpinang

Gubernur beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke SMKN 5 Tanjungpinang di Madong, Senggarang untuk meninjau gedung sekolah.

Nurdin meminta kepada pihak sekolah untuk dapat mencari akses ke pihak pelayaran agar nanti pada proses belajar mengajar dapat mengikutsertakan pihak ketiga untuk ikut membantu proses pembelajaran tersebut.

“Nanti kita berkoordinasi bagaimana prosesnya, jika sulit kita bantu,” ujar Nurdin.

Menurut Nurdin sekolah kejuruan harus menghasilkan siswa yang siap langsung turun kelapangan, memang teori tetap dibutuhkan namun aspek mental ketika dilapangan juga merupakan elemen yang penting.

“Kita tidak ingin mereka ragu-ragu, harus kita tunjukan sekolah maritim ini mampu ikut bersaing dan menghasilkan generasi yang handal,” tambah Nurdin lagi. (Anis/Hms)

 
Top