Bintan, Kepri, Samjonews.com Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika menjamin, tidak ada desa di Bintan yang masuk dalam daftar 45.816 desa di Indonesia yang belum menerima dana desa tahap kedua.

Sebelumnya, mengutip laporan nasional, Divisi Monotoring dan Evaluasi Satuan Tugas Dana Desa di Jakarta, Kamis (28/6/2018), disebutkan, masih banyak dana desa tahap II mengendap di rekening pemerintah daerah.

Soal Dana Desa Tahap II, Kepala Dinas PMD Pastikan Semua Desa di Bintan Sudah Menerima
Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika 

Ada 264 pemerintah kabupaten dan kota yang telah menerima dana desa tahap kedua tersebut tapi belum meneruskannya ke 45.816 desa.

Total dana mengendap tersebut mencapai Rp 14,7, triliun.

Kadis PMD Bintan dikonfirmasi Tribun, Jumat (29/6/2018) menegaskan, kondisi yang dilaporkan Divisi Monitoring dan Evaluasi Satuan Tugas Dana Desa tersebut sudah tuntas di wilayah Kabupetan Bintan. Artinya, dana desa tahap kedua sudah tersalurkan.

"Bintan, alhamdulillah sudah clear (tuntas),"kata Ronny.

Justru kata Ronny, sejumlah proyek di desa yang didanai dari dana desa malah sudah hampir finish atau selesai.

Mengutip laporan TribunBintan.com sebelumnya, proyek di desa yang didanai dana desa di antaranya pembangunan jalan desa sepanjang 22,897 Km, proyek drainaaw 444,3 Km, pembangunam jembatan sepanjang 15 meter, pembangunan tembok penahan tana

"Yang pasti proyek proyek di desa juga sudah hampir finish,"kata Ronny.

Seperti diketahui, pemerintah pusat mengalokasikan dana desa untuk pembangunan desa. Anggaan Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalokasikan dana desa Rp 60 triliun.

Sasarannya mencakup 74.958 desa di 434 kabupaten dan kota. (Red)

 
Top