Sabtu 28/10/2017
BATAM,SAMJONEWS.com Banyak pekerja merasa kebingungan, dimana perusahaan tempat nya bekerja telah melakukan pemotongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, namun perusahaan tidak menyetorkan uang tersebut ke pihak BPJS, langkah – langkah apa saja yang harus ditempuh oleh sipekerja tersebut. 

Surya selaku Kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan di Nagoya pada hari Rabu (26/10/2017) menjelaskan, mungkin langkah – langkah yang harus di tempuh oleh sipekerja sebagai berikut;

- Pastikan dulu sipekerja yang bersangkutan belum terdaftar di BPJSTK, infonya dari siapa di BPJS TK.

- Kalau memang yang bersangkutan belum di daftar, lapor ke Disnaker bidang pengawas ketenaga kerjaan untuk ditindaklanjuti.

- Kalau Disnaker juga tidak dapat menyelesaikan masalah ini, silahkan lapor ke pihak Polisi dengan melamfirkan data serta sudah koordinasi dengan BPJS TK dan Disnaker untuk proses Pidana pasal pengelapan.  

Surya juga menjelaskan, BPJS TK tidak dapat memberikan sanksi, yang berhak melakukan sanksi hanya adminstratif, Sanksi adminstratif tidak mendapatkan izin, atau pencabutan izin hanya dapat dilakukan oleh intansi yang  berwenang mengeluarkan izin perizinan. Terang Surya. (red/amjoi)

 
Top